Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Departemen Kamera Dalam Industri Film Indonesia

Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Departemen Kamera Dalam Industri Film Indonesia

By Muhammad Firdaus, I.C.S

20 July 2023

Tingginya angka kecelakaan kerja di produksi film Indonesia menjadi faktor utama yang mendorong ditulisnya buku ini. Oleh karena itu, kehadiran buku ini diharapkan dapat mendorong pelaksaan K3 di industri film yang lebih luas, khususnya bagi seluruh tenaga kerja industri film Indonesia.


Judul : Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Departemen Kamera Dalam Industri Film Indonesia

Penulis : Muhammad Firdaus, I.C.S

Tebal Halaman : 183 halaman

Ukuran Buku : 14.85 x 21cm


Buku ini merupakan standar keselamatan dan kesehatan (K3) di departemen kamera. Ruang lingkup dari buku ini membahas 4 hal: 

  1. Bekerja pada ketinggian.
  2. Kerja listrik.
  3. Bekerja pada mobil kamera/tracking vehicle.
  4. Bekerja di bawah air/penyelaman.


Tujuan dari buku ini selain sebagai standar operasi kerja, adalah untuk menurunkan tingkat kecelakaan kerja di industri film. Sumber penulisan buku ini diambil dari berbagai sumber: 

  1. UU Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
  2. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 9 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dalam Pekerjaan Pada Ketinggian.
  3. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 5 Tahun 1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  4. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 12 Tahun 2015 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Listrik di Tempat Kerja.
  5. Keputusan Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan tentang Pedoman Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pekerjaan Penyelaman di Dalam Air (Underwater Diving Work).
  6. Dan Peraturan Perundangan Lainnya. 


The ASC was established to formalise the role of and distinguish cinematographers from camera operators, but it had more to do with practicalities and problem solving. In the silent film era, movie cameras were generally heavy hand-cranked machines, and the centre of gravity of the US film industry was shifting from the east coast to the west. The technology and the medium were new, so camera operators everywhere faced common difficulties, such as annoying white streaks on footage, caused by static electricity. The east-coast based Cinema Camera Club, formed by a team of Edison’s camera operators, and the Static Club of America, based in Los Angeles and led by Universal’s Harry H Harris, collaborated on solutions to these issues, pooling their wisdom. Soon enough, Edison cinematographer Phil Rosen suggested a national organisation to his Hollywood colleague Charles Rosher.

“It’s not just about making pretty pictures,” says Mandy Walker, whose CV includes Hidden Figures, Australia and the forthcoming Mulan.

Rachel Morrison, the first woman Oscar-nominated for cinematography, on the set of Mudbound. Photograph: Steve Dietl/AP

‘I loved working on The Love Witch because I was able to recreate a lot of the lighting from the 50s and 60s,’ says cinematographer David Mullen. Photograph: Allstar/ Oscilloscope

Watch the trailer for Leave No Trace, shot by Michael McDonough

Related Articles